Pesan Ngenes Gugel Ples

     Sehabis lihat serial Abad Kejayaan (ANTV) mata belum juga ngantuk, iseng-iseng buka google plus yang memang jarang aku buka (soalnya lemot banget, ngabisin waktu!). Aku lihat-lihat pos2 yang pernah aku bagikan sambil ngintip siapa-siapa yang kasih +1 di tiap posting update. Termasuk update statusku yang tidak mendapat +1 pun aku balik tuk melihat detilnya. 


     Tapi betapa kagetnya aku lihat tulisan pesan dari G+ untuk status yang tidak mendapat komentar maupun +1. "Banyak omong, tapi tidak ada tindakan. Teruslah berbagi!". Untuk semua status yang tidak ada respon komentar mapun klik +1 akan mendapat pesan itu disebaliknya. Aku termenung dan heran, di gugel memperkerjakan ribuan orang, dan diantara mereka tentulah ada yang ahli bahasa. Nilai kalimat itu negatif dan bermakna kasar bagi orang kita. Itu kalimat cemoohan!. Bahasa adalah rasa!. Coba kita terjemahin dalam bahasa daerah kita masing-masing (Banyak Bacot Lu-Betawi, Kokehan Crewet Kowe-Jawa, Kokehan Nyongor-Jatim, dsb). Bagaimana bisa gugel yang menjadikan tanda + (positif) sebagai simbol justru menyebarkan kalimat berkonotasi negatif (setidaknya bagi pengguna bahasa Indonesia). Gak enak bener kalimat pesannya. Gak bisa bikin kalimat lain apa??.

Sms:082242814035 - WA:085640772250

2 comments:

  1. haha baru nyadar ada gituan pesannya ngena banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. namanya juga Mbah gugel....suka2 beliau ajalah...klo saya nggak bikin profil g+...cuman istri yg ikut.

      Delete